Cruelty Free Make UP

Yakin kamu sudah mengenal dan memahami produk make up yang kamu gunakan? Coba deh ambil satu produk makeup atau skin care yang kamu punya. Lalu baca baik-baik label dan komposisi yang tertulis di kemasan make up kamu. Biasanya, ada beberapa istilah kecantikan yang diutamakan untuk ditampilkan dalam kemasan suatu produk. Kadang kita kurang  memahami arti dari istilah yang tertera. Padahal kalau diperhatikan lebih teliti, istilah-istilah ini sering tertera untuk membantu kita memilih produk mana yang sekiranya cocok untuk kulit.

Kali ini Posy Beauty akan membahas salah satu istilah kecantikan Animal Cruelty Free, mungkin kamu pernah baca tapi belum tahu artinya. Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang cruelty free kamu lihat dulu deh gambar ini, apa kamu pernah menemukannya di kemasan make up atau skin care yang kamu gunakan?

cruelty free make up

Ini adalah logo Cruelty Free, istilah kecantikan tersebut pertama kali muncul dari dunia mode, karena penggunaan bulu hewan asli untuk mantel musim dingin. Pada produk kosmetik, label cruelty free berarti tidak membahayakan atau  membunuh hewan untuk uji coba. Baik dari segi dari bahan yang terkandung dalam make up atau pada proses pembuatannya.

Biasanya product yang melakukan uji coba pada hewan, akan meneteskan product ke mata atau dioleskan ke kulit terkelupas si hewan, hewan dipaksa untuk makan & menghirup sample produk, lalu dipantaulah hewan” ini selama 28-90 hari untuk mengetahui adanya iritasi atau tidak, dan akhirnya semua tes ini menyebabkan rasa sakit dan penderitaan pada hewan tsb, lalu mereka mati dibunuh. Serem banget yaaa… Beberapa orang yang mengerti tenang animal testing memiling product cruelty free karena mereka gamau menggunakan make up yang dalam proses pembuatannya menyakiti hewan.

Sampai saat ini, tentu saja masih ada produk make up yang menggunakan bahan baku hewani, seperti dari beeswax (lilin lebah) atau asam laktat dari susu sapi. Tapi jika bahan baku tersebut diperoleh tanpa menyakiti hewan, maka produk tersebut tergolong cruelty free. Begitu juga pada pengujian produknya. Jika tak diujikan pada hewan, produk tersebut bisa tergolong cruelty free. Kini, pengawasan untuk produk kosmetik cruelty free dilakukan oleh sejumlah organisasi, seperti PETA, Choose Cruelty Free, Coalition for Consumer Information on Cosmetics, dan Cruelty Free International.

So, sudah jelas kan… kalau product make up tidak melakukan percobaan mulai dari bahan dasar, hingga produk jadi ke binatang maka dia termasuk dalam catagory cruelty free. Namun, di dalam pembuatan produk cruelty free, masih bisa menggunakan bahan dasar yang berasal dari binatang. Bahan yang paling banyak ditemukan dalam produk makeup adalah beeswax, lanolin, madu dan susu. Yang penting dalam proses ini nggak ada binatang yang disiksa untuk menghasilkan sebuah produk. Kalau di dalam list-nya ada carmine artinya produk tersebut tidak cruelty free. Karena carmine, bahan pewarna merah, diambil dari rangka tubuh kumbang.

Sekarang ini sudah banyak produk make up yang ber lable cruelty free, POSY Beauty Lip Matte adalah salah satu brand lipstick matte local yang cruelty free loh, selain itu posy lipstick matte juga mengandung vitamin E yang bisa bikin bibir kamu ga kering. Saat ini sudah terdaftar di BPOM. Buat kamu pengen cobain POSY Beauty lipstick matte bisa melakukan pemesanan di website www.posybeauty.co.id

 

0

Start typing and press Enter to search

Posy Review - Radio Talkshow

HELLO!

Subscribe our newsletter

and get latest update from us!

Share to your friend 

about Posy Beauty.

Thank you for subscribing!

Your email already in our list.

Share to your friends

about Posy Beauty.

THANK YOU!

Send this to friend