Diet Saat Puasa

Diet saat puasa bukan berarti gak mungkin loh. Kamu tetap bisa melakukan diet saat berpuasa tapi harus memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi selama berpuasa. Puasa memang seharusnya tidak menjadi halangan untuk tetep menjalani kebiasaan hidup sehat.  Saat puasa tubuh lebih banyak membutuhkan asupan makanan yang kaya akan nutrisi agar bisa memenuhi kebutuhan energi untuk beraktifitas sehari-hari.

Pada dasarnya, cara diet selama puasa sama saja dengan cara diet yang biasa dilakukan di luar bulan ramadan. Diet  harus tetap seimbang dengan proposi asupan karbohidrat, lemak dan protein yang tepat saat sahur dan berbuka. Jika kam  tidak memperhatikan dan melakukan hal tersebut, maka makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka malah justru bisa berat badan kamu bertambah.

Berikut beberapa tips diet saat puasa yang aman bagi tubuh dan tidak mengganggu aktifitas selama berpuasa:

  1. Perhatikan asupan nutrisi

Pastikan makanan berbuka dan sahur yang kamu konsumsi sudah lengkap nutrisinya dan memiliki semua kelompok makanan.

Penuhi karbohidrat, kamu bisa menngkonsumsi kentang, nasi merah, dan oat.

Konsumsi makanan yang tinggi protein seperti telur, keju, kacang almond, edamame, dan quinoa

Serat dari sayuran dan buah seperti brokoli, wortel, bayam, apel, pisang, alpukat dan pepaya juga jangan sampai ketinggalan.

Kamu masih boleh mengkonsumsi lemak, tapi lemak yang sehat ya… seperti ikan-ikanan, daging sapi tanpa lemak, dada ayam, minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan lain sebagainya.

  1. Hindari produk olahan

Hindari makanan yang mengandung MSG, pemanis buatan, sodium dan lemak, karena makanan yang mengandung hal tersebut bisa membuat kamu mudah lapar.

Sebisa mungkin hindari gorengan atau makanan yang tinggi lemak trans dan lemak jenuh. Pilihlah menu berbuka dan sahur yang diolah sendiri sehingga terjamin asupan nutrisinya. Pilihlah makan yang diolah dengan cara ditumis, rebus, kukus, dan panggang agar makanan yang Kamu konsumsi terjaga kandungan nutrisinya.

  1. Makan dengan pelan

Jangan kalap saat berbuka. Makan banyak dalam waktu dekat atau sekaligus akan menyebabkan perut sakit dan kembung. Mulailah buka puasa dengan kurma, lalu air putih, selanjutnya semangkuk kecil makanan hangat seperti sup atau kamu bisa mengkonsumsi salad dan buah. Setelah itu baru lanjutkan dengan menyantap hidangan utama, tapi beri jeda dulu ya.

Makan sup hangat akan membuat perut terasa nyaman, selain itu mengonsumsi sup juga bisa mengembalikan cairan tubuh dan membantu mempersiapkan sistem pencernaan untuk menerima makanan yang lebih berat. Makanan berkuah yang disarankan adalah sayur bayam, sup jagung, sup ayam, ataupun sup sayuran campur.

  1. Kurangi gula

Tahukah kamu jika langsung banyak makan dan minum manis saat berbuka malah justru akan membuat perut kembung dan mengakibatkan proses pencernaan terhambat. Makanan tinggi gula juga membuat kadar gula dalam darah tidak stabil.

Pilihlah kurma saat berbuka puasa, selain sebagai sunnah berbuka nyatanya kurma merupakan sumber gula yang baik dan kaya nutrisi seperti tinggi serat, magnesium dan potassium yang bisa memperlancarkan pergerakan sistem pencernaan.

  1. Perbanyak Air

Saat puasa, secara perlahan tubuh rentan mengalami dehidrasi. Itu sebabnya saat berbuka dan sahur pastikan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air agar membantu tubuh dalam memenuhi asupan cairannya.

0

Start typing and press Enter to search

HELLO!

Subscribe our newsletter

and get latest update from us!

Share to your friend 

about Posy Beauty.

Thank you for subscribing!

Your email already in our list.

Share to your friends

about Posy Beauty.

THANK YOU!

Send this to friend