Kenapa Harus Halal dan Bagaimana Tips Memilihnya

Kebutuhan wanita untuk terlihat cantik dalam setiap kesempatan mendorongnya untuk dapat mengaplikasikan riasan pada wajahnya. Hal ini pun tidak terbatas untuk para muslimah yang menginginkan produk kosmetik halal dan akhirnya menjadi pertimbangan para produsen kosmetik.

Adalah hal yang wajar apabila para muslimah memilih produk kosmetik yang telah terbukti “halal”, kenapa ?

Karena dalam beribadah, muslimah tidak boleh terkena najis, sangat disayangkan bila kosmetik yang digunakan dan bersentuhan dengan kulit tidak jelas status kehalalan atau kesuciannya, karena nanti ibadahnya akan tidak sah.

Hal ini perlu menjadi pertimbangan para produsen kosmetik di Indonesia, karena mengingat banyak konsumen yang awam terhadap bahan pembuatan kosmetik. Tak jarang dalam komposisinya, pembuatan kosmetik ditambah dengan bahan – bahan yang dapat membahayakan diri seperti merkuri, maka kosmetik yang demikian akan dianggap tidak halal. Lalu apakah kosmetik tersebut mengandung bahan yang berasal dari hewan, maka perlu dipastikan pula hewan yang digunakan apakah hewan yang halal atau tidak.

Terlebih para ulama di Komisi Fatwa MUI telah menetapkan tidak boleh ada Intifa’ atau pemanfaatan bahan dari babi dalam proses produksi dan pengolahan produk pangan, obat – obatan maupun kosmetika. Maka proses sertifikasi halal yang dilakukan oelh LPPOM MUI dan penetapan fatwa halal oleh KF MUI merupakan  usaha untuk memastikan bahan – bahan dan proses dilakukan dalam produksi pangan, obat – obatan dan kosmetika benar – benar tidak mengandung unsur yang melanggar syariat.

Namun,  kini kesadaran perempuan Indonesia dalam memilih produk kecantikan yang aman digunakan semakin meningkat. Sebuah survey dilakukan oleh sebuah brand skin care membuktikan bahwa 4 dari 5 perempuan memilih kosmetik halal dan resmi adalah hal yang penting demi menjamin keamanan.

Dengan demikian, label halal pada produk kecantikan bukan hanya milik golongan tertentu saja, karena saat ini semakin banyak perempuan yang membutuhkan keamanan dan kualitas yang terjamin dalam produk kecantikan yang dipakainya.

Kali ini Posy akan berbagi tips bagaimana cara memilih produk kosmetik yang halal :

  1. Perhatikan label halal pada kemasan

Ladies perhatikan kemasan produk, apakah terdapat label halal atau tidak. Label halal akan terpampang pada kemasan ketika produk tersebut telah bersertifikat halal dari MUI.

  1. Perhatikan bahan yang digunakan

Sebelum membeli  kamu juga perlu mengecek komposisi bahan kosmetik yang akan dibeli. Pastikan baha baku terbebas dari bahan non-halal, seperti zat babi atau yang lainnya. Bila bahan baku yang tertera menggunakan kode huruf tertentu, ada baiknya untuk mengeceknya terlebih dahulun di internet

  1. Cari tahu tentang cara produksi

 Pastikan pula cara produksi produk kosmetik tersebut, apakah diproses dengan cara yang halal atau tidak. Misalkan produk tersebut mengandung unsur hewani, pastikan apakah hewan tersebut halal atau tidak, dan pastikan pula hewan tersebut disembelih dengan tata cara islam.

  1. Produk tersebut harus mudah dibersihkan

Hal ini juga harus menjadi perhatian, ladies kosmetik yang digunakan meudah dibersihkan sehingga tidak menumpuk dan menutup sel kulit agar tidak menghalangi air ketika berwudhu.

Berita baiknya, Posy liquid lipstick telah memiliki sertifikat halal MUI  dan terdapat  logo halal pada kemasan. Posy liquid lipstick juga  telah terdaftar di BPOM, sehingga sudah dipastikan sebagai salah satu brand lipstick yang halal dan aman.  Kini saatnya kamu tampil cantik dengan Posy liquid lipstick tanpa ragu.

0

Start typing and press Enter to search

Lipstick vegan dan halalPosy Review - Radio Talkshow

HELLO!

Subscribe our newsletter

and get latest update from us!

Share to your friend 

about Posy Beauty.

Thank you for subscribing!

Your email already in our list.

Share to your friends

about Posy Beauty.

THANK YOU!

Send this to friend